Pacitan Kota 1001 Goa

Pacitan Kota 1001 Goa

P_20170920_110811

Tersiarnya kabar tentang banjir yang melanda Pacitan beberapa hari yang lalu membuat saya kaget. Hal itu dikarenakan beberapa bulan sebelumnya saya bersama rekan-rekan kerja di Kementerian Pariwisata melakukan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi bidang homestay di Pacitan.

Satu yang membuat saya terkesan adalah stakeholder dalam hal ini pemerintah daerahnya yang sangat concern dengan pariwisata.

Pada kegiatan pelatihan itu, beberapa narasumber menyampaikan paparannya termasuk juga Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga yaitu Ibu Endang Surjasri.

Rupanya Ibu Endang ini orang yang ramah dan humoris, sehingga materi paparannya dapat disampaikan dengan luwes dan mengundang antusiasme peserta. Apalagi dibumbui dengan humor di sana sini, bikin ngakak para peserta kegiatannya.

Di luar kegiatan pelatihan, saya dan beberapa anggota tim dari Kemenpar sempat mengunjungi beberapa obyek wisata di Pacitan.

Yang pertama adalah Pantai Klayar. Kami berkesempatan mengunjungi pantai ini pada saat perjalanan dari Yogyakarta menuju ke hotel di Pacitan.

Pantai ini cukup ramai dikarenakan beberapa hal yang cukup menarik, mulai dari hamparan pasir yang luas, All Terrain Vehicle (ATV) dan terdapatnya gardu pandang.

123

4
Gardu pandang Pantai Klayar

Tempat yang berikutnya yang kami datang adalah Pantai Kasap dan Pantai Watu Karung. Saya dan angggota tim lainnya mengunjungi pantai ini sore hari seusai kegiatan pelatihan.

Pantai Kasap sendiri memiliki spot menarik yang dianggap sebagai Raja Ampat-nya Pacitan.

5

6
Pantai Kasap, Raja Ampat-nya Pacitan

Di tempat ini, tersedia beberapa papan nama yang dapat digunakan untuk berfoto. Saya pun menggunakan salah satu papan nama tersebut.

78

Pantai berikutnya yang menjadi tujuan kami adalah Pantai Watu Karung. Berdasarkan informasi yang kami terima, Pantai Watu Karung ini adalah tempat untuk kegiatan surfing kelas dunia.

Pada saat kami mengunjungi pantai tersebut, ada banyak bule yang memang sedang latihan surfing. Ombak di pantai ini rupanya cukup menarik dan menantang adrenalin para peselancar asing tersebut.

9
Pantai Watu Karung

Destinasi wisata terakhir yang kami kunjungi adalah Goa Gong. Tempat ini kami kunjungi pada saat perjalanan pulang menuju Yogyakarta.

Ada sedikit pertanyaan menggelitik terkait dengan jumlah goa di Pacitan sehingga mendapatkan sebutan Kota 1001 Goa. Saya pun menanyakan hal tersebut ke salah satu pengelola Goa Gong. Beliau menjawab dengan diplomatis terkait sebutan 1001 Goa tersebut, bahwa “Dari seribu goa di Pacitan hanya satu yang spesial yaitu Goa Gong. “ 🙂

Kami memasuki Goa Gong dengan ditemani oleh pemandu wanita yang menjelaskan banyak hal tentang goa tersebut.

10

11

13
Warna-warni yang mempesona

14

Dengan destinasi wisata yang dimiliki oleh Pacitan, baik itu berupa pantai, goa dan yang lainnya membuat kabupaten ini menjadi incaran banyak wisatawan.

Semoga bencana banjir di wilayah Pacitan dan juga dampaknya, dapat segera ditangani dengan baik. Sehingga masyarakat di sana dapat melakukan aktifitas seperti biasa, termasuk dalam hal pariwisata. Maju terus Pacitan…

68 thoughts on “Pacitan Kota 1001 Goa

    1. Info dari salah satu pegawai Disparpora, untuk transportasi di area pelosok memang hanya angkutan kecil yang penumpangnya berjubel. Di beberapa tempat, akses jalannya sendiri memang sempit, sehingga tidak bisa dilewati bus besar.

  1. enaknyaaa yang extend di Jogja. nanti ke jogja lagi barengan ajak ke guha yg cakep dan warna warni itu yaa Mas Ris hehehehe. oh ya kata stakaeholder cetak miring yaa harusnya. keep writing and cheer up

  2. Pantai Klayar ini salah satu yang sedang hits banget di pacitan.. btw saya malah baru tau kalo pacitan itu julukannya kota 1001 goa.. hahah.. (deuh kemana aja sih saya ini 😂😂)

  3. Wah Pacitan kampung ibu saya. Hahaha. Semua pantai yg disebutin blm pernah saya datengin. Haha. Yg udah pernah didatengin itu Pantai Teleng Ria sama Pantai Srau. Dulu jg pernah ke Goa Gong. Tp blm ada lampu2 sama Tulisan “Selamat Datang Goa Gong Pacitan”
    Next klo ke Pacitan lagi mau ke Pantai Klayar ahh 🙂

  4. Goa Gong, dulu waktu TK sempet karya wisata ke sana. Tapi sayang, aku gak ikut. Entah apa dulu alesannya. Tapi nyesel juga ya, kalau gua nya sebagus itu… Hiks…

    1. Ada angkutan desa. Karena sesuai info yg saya tahu bis-bis besar dari luar kota tidak bisa melewati jalan raya di pelosok, maka angkutan desa tersebut diberdayakan. Cuma ya, gak senyaman mobil ber-AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *